Tangga

Tangga berfungsi sebagai penghubung ruangan di lantai atas dengan lantai bawah. Pemasangan tangga di rumah terkadang membutuhkan pemikiran yang lebih, apalagi bila rumah tersebut tergolong mungil. Peletakan tangga yang salah justru akan mempersempit rumah.

Jenis tangga cukup variatif, mulai yang berbentuk lurus atau siku sederhana, sampai tangga putar dengan konstruksi lebih rumit. Tangga bentuk miring dan lengkung lebih artistik dengan ketelitian tinggi saat merancangnya.

Sementara itu, bahan dan material untuk tangga juga cukup variatif. Umumnya yang dipakai adalah kayu, beton bertulang, dan baja dengan bentuk yang telah disesuaikan dengan keinginan.

Tips dan Trik :

  1. Pilihlah tangga yang proporsional dan sesuai dengan bentuk dan luas ruangan. Tangga pun harus didesain dan diletakkan di tempat yang justru tak menambah sempit ruangan.
  2. Pada dasarnya tangga terdiri dari 4 bagian, anak tangga, bordes (tempat berhenti sementara), railing (pagar yang mengelilingi anak tangga) dan hand rail (pegangan pada railing).
  3. Faktor penting dalam mendesain tangga, antara lain, sudut kemiringan, jumlah anak tangga, lebar dan tinggi anak tangga, luas bordes, ketinggian dan kerapatan railing. untuk tinggi anak tangga sebaiknya tidak lebih dari 20 cm dengan lebar 25-30 cm.
  4.  Untuk lantainya, banyak bahan bisa digunakan, seperti karpet, kayu dan marmer. Sebaiknya memilih bahan yang tidak licin agar keselamatan Anda dan anggota keluarga tetap terjamin.
  5. Untuk menghindari curam dan licinnya anak tangga, gunakan step nosing yang berfungsi sebagai antislip di pinggiran anak tangga. Bahan antislip bisa berupa alumunium, kayu, keramik, dan karet. Pilihan lain, Anda bisa merekatkan karpet di seluruh anak tangga agar nyaman saat menaiki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

desainer arsitektur dan interior

%d bloggers like this: