Pasar Wilayah

suatu site di jawa tengah terdapat pasar lama yang berrencana akan diperbaiki kondisinya dari yang ada saat ini. lokasi berada di jalan lintas jawa, jadi site ini selain memiliki potensi untuk wilayahnya sendiri, juga memiliki potensi saat jalur lintas padat kendaraan, seperti saat liburan dan lebaran.

pasar yang direncanakan memiliki dua lapis fungsi besar. area depan merupakan ruko-ruko keliling yang membentuk lahan kosong di tengahnya. bagian tengah yang memiliki lahan lebih besar dibangunkan semacam kios-kios kecil yang berada di lantai 2 dan 3. sedangkan lantai 1 digunakan untuk parkiran dan sebagian pasar basah.

akses pejalan kaki di utamakan dengan membuat arcade di sepanjang ruko, terdapat pula akses langsung untuk ke lantai 2 berupa tangga yang sejajar dengan entrance parkir kendaraaan di lantai 1. di lantai 2, prosesi masuk kedalam kelompok kios terdapat plaza transisi. plaza dibuat terbuka sebagai kesan yang lebih humanis dan lapang.

desain ini menggunakan bata exposed yang menampilkan kesan sederhana dan humble. pembangunan dipinggir kota saat ini menurut kami sangat berorientasi pada visualisasi kota, yang sebenarnya belum tentu cocok di gunakan untuk daerah yang sedang berkembang. kami mencoba mengambil tema sekitar dan menggabungkannya dengan isme-isme tropis moderen. memasukkan fungsi baru akan memberikan dampak yang besar pada lingkungan, kami berharap bangunan ini dapat menyumbangkan pemahaman akan makna moderenisasi yang tidak disampaikan dengan bahasa hingar-bingar.

pasar bagi kawasan berkembang merupakan point of view dari masyarakatnya. menstimulan lingkungan memiliki berbagai metode dalam aplikasinya. pasar ini kami harapkan dapat mengangkat perekonomian sekaligus sebagai bahasa yang lebih lunak untuk mencitrakan wilayah tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

desainer arsitektur dan interior

%d bloggers like this: