Louis Kahn

Louis Kahn  (1901-1974)

Diterjemahkan dari designmuseum,org

Salah satu arsitek yang paling berpengaruh pada abad pertengahan ke-20, Louis Kahn (1901-1974) menyadari bangunan relatif sedikit, namun menahan diri formal dan ekspresi emosional-nya Jonas Salk Institute, Kimbell Art Museum dan Kompleks Modal di Dhaka dianggap sebagai sebuah kemajuan yang terinspirasi dari International Style.

Ketika mayat Louis Kahn ditemukan oleh NYPD pada malam tanggal 17 Maret 1974 di toilet umum di Penn Station di New York, butuh waktu beberapa hari bagi polisi untuk mengidentifikasi dirinya sebagai salah satu arsitek dunia yang paling dikagumi. Kahn telah meninggal cepat karena serangan jantung dan satu-satunya bentuk identifikasi antara kepunyaannya adalah paspor di mana dia telah dicoret alamatnya.

Pada malam kematiannya, Kahn telah terbang kembali ke AS dari India di mana ia membangun Indian Institute of Management di Ahmedabad. Dia pergi ke Penn Station untuk naik kereta ke rumah Philadelphia. Institut Manajemen dan lain pekerjaan yang sedang berlangsung, Kompleks Modal gedung-gedung pemerintah di Dhaka di Bangladesh, tidak hanya proyek Kahn paling ambisius, tapi di antara karya-karya arsitektur nya. Namun, ia telah membangun begitu sedikit selama hidupnya bahwa ia meninggal karena bangkrut ratusan ribu dolar.

Beberapa gedung yang Louis Kahn tidak menyadari begitu luar biasa bahwa mereka menobatkan dirinya sebagai salah satu tokoh paling penting dalam arsitektur abad ke-20, yang pengaruhnya dibandingkan dengan Le Corbusier dan Mies Van Der Rohe, namun yang kerja yang ditawarkan kemungkinan intelektual baru untuk generasi muda arsitek mencari alternatif untuk Gaya hegemonik Internasional mereka. Yakin bahwa arsitek kontemporer bisa – dan harus – menghasilkan bangunan yang monumental dan sebagai sebagai rohani inspirasi sebagai reruntuhan kuno Yunani dan Mesir, Kahn mengabdikan karirnya untuk mengejar kesempurnaan tanpa kompromi formal dan ekspresi emosi.

Tokoh-tokoh meskipun ia kemudian menjadi, banyak kehidupan Kahn adalah perjuangan. Ayah Estonia Nya, Leopold, bertemu ibu Louis, Bertha, di kota Latvia Riga, sementara ada pada tentara pergi. Pasangan ini menetap di pulau Estonia Saarema (kemudian disebut Ösel) di mana Louis dilahirkan pada tahun 1901 diikuti oleh kakaknya, Sarah, dan saudara, Oscar. Keluarga itu sangat miskin sehingga Leopold kiri untuk Amerika Serikat dan, setelah ia mendapatkan pekerjaan, dikirim untuk Bertha dan anak-anak untuk bergabung dengannya di Philadelphia. Tak lama setelah kedatangan mereka, lima tahun Louis menderita oleh demam scarlet. Bersama dengan bekas luka wajah yang ditinggalkan oleh kecelakaan sebelumnya, ketika dia membakar dirinya sendiri di atas api batubara, penyakit ini meninggalkan dia terlalu lemah untuk memulai sekolah dan dia diajarkan di rumah. Ketika Louis akhirnya pergi ke sekolah, anak pemalu begitu berbakat pada seni dan musik yang guru menggiringnya menuju program khusus untuk siswa berbakat dalam sistem pendidikan tercerahkan Philadelphia. Meskipun kemiskinan keluarganya, Kahn menerima pendidikan yang sangat baik dan, terinspirasi oleh kursus sekolah tinggi dalam sejarah arsitektur, memenangkan beasiswa untuk belajar arsitektur di University of Pennsylvania.

Di sana ia diajarkan oleh Paul Cret Philippe, seorang Prancis dididik dalam tradisi Beaux-Arts ketat. Seorang guru inspiratif, Cret menanamkan siswa dengan keyakinan sendiri bahwa tanggung jawab arsitek adalah untuk menginterpretasikan waktu mereka sendiri. “Arsitektur kami adalah modern dan tidak bisa apa-apa lagi,” memutuskan dia. Kahn unggul dalam empat tahun di University of Pennsylvania dan, setelah lulus pada tahun 1924, dipekerjakan oleh arsitek John Molitor Philadelphia. Empat tahun setelah lulus ia menabung cukup uang untuk perjalanan ke Eropa, di mana ia mengunjungi sanak saudaranya di Estonia dan melihat bangunan pertama gerakan modern di Berlin. Kembali di Philadelphia, ia menemukan pekerjaan dengan Paul Cret dan menikah Ester Israel, seorang asisten peneliti di University of Pennsylvania.

Ketika depresi melanda tahun 1930-an, Kahn dibuat berlebihan dan, selama beberapa tahun, ia dan Esther didukung oleh orang tuanya. Putus asa mencari pekerjaan sebagai arsitek, ia melanjutkan studinya dan melemparkan dirinya ke dalam perdebatan dirangsang oleh T-Square, jurnal arsitektur radikal yang berbasis di Philadelphia. Terinspirasi oleh karya Le Corbusier di Eropa, Kahn mengembangkan teori sendiri tanggung jawab sosial arsitek, khususnya dalam perumahan massal. Profesional ia berjuang untuk komisi, sebagian karena depresi dan sebagian karena, sebagai orang Yahudi tanpa uang atau koneksi, ia terasing dari Protestan kaya yang didominasi AS arsitektur.

Kahn memenangkan beberapa komisi sederhana dari teman Yahudi di Philadelphia dan Otoritas Perumahan kota. Pada tahun 1947 ia mulai mengajar di Yale setelah menolak tawaran sebelumnya dari Harvard, karena ia enggan untuk meninggalkan Philadelphia. Dia merasa bahagia dengan Yale, yang merupakan perjalanan kereta pergi, dan mengajar di sana selama delapan tahun sebelum menjadi profesor di University of Pennsylvania. Sebagai seorang arsitek Kahn terbatas pada proyek-proyek lokal yang sederhana, sampai pada tahun 1951 ia memenangkan komisi utama pertama – perpanjangan ke Yale Art Gallery.

Komisi Yale juga menawarkan kesempatan bagi Kahn untuk bereksperimen dengan ide dia berkembang sejak perjalanan ke Yunani, Roma dan Mesir ketika ia telah menjadi yakin bahwa arsitektur modern tidak memiliki kualitas monumental dan spiritual bangunan kuno. “Hal kami terlihat begitu nyaring dibandingkan,” tulisnya kepada rekan-rekan kantornya di Philadelphia. Kahn yakin bahwa, sebagai arsitek modern, tanggung jawabnya adalah untuk menciptakan bangunan dengan kualitas-kualitas menggunakan bahan kontemporer dan teknik konstruksi.

Bekerja dengan bahan-bahan sederhana, terutama batu bata dan beton. Kahn menerapkan prinsip-prinsip untuk menciptakan bangunan ditanamkan dengan kualitas spiritual yang ia berjuang keras melalui rasa ahli ruang dan cahaya. Dari ekstensi 1951-53 Galeri Seni Yale, untuk proyek-proyek berikutnya seperti 1954-59 Trenton Boathouse di New Jersey dan 1957-62 Richards Medis Towers di Philadelphia, Kahn dikombinasikan ruang visual menarik dengan drama sebagai cahaya mengubah mengubah pengalaman indrawi berada di gedung pada waktu yang berbeda hari dan malam. Pada saat ia mulai 1959-67 Salk Institute di La Jolla, California, Kahn telah menguasai pendekatan ini untuk menciptakan karya pertama, urutan sangat inspiratif bangunan.

Meskipun pujian untuk bangunan ini, Kahn masih berjuang untuk mengamankan komisi besar, tidak terkecuali di kota asalnya, Philadelphia, di mana ia wrangled selama bertahun-tahun dengan perencana kota atas pembangunan kembali pusat. Sangat pemalu sejak kecil, Kahn juga diberkati dan dikutuk oleh karakter tanpa kompromi yang mendorong dia untuk menjadi seperti seorang arsitek yang luar biasa tetapi juga untuk berbenturan dengan klien. Sabar dari tenggat waktu dan anggaran rutin dikenakan pada arsitek, ia datang ke kendala seperti benci dan sering kehilangan komisi untuk arsitek kurang berbakat, tetapi lebih setuju.

Kehidupan pribadi Kahn sama-sama bergejolak, dirusak oleh kesulitan keuangan tetapi juga oleh kerahasiaan. Dia tetap menikah dengan Ester, dengan siapa ia punya anak perempuan, Sue Ann, tapi ada dua anak lagi, yang lahir dari ibu dengan siapa ia melakukan hubungan cinta yang panjang dan penuh gairah. Kahn memiliki seorang putri yang kedua, Alexandra lahir pada tahun 1954, dengan Anne Tyng, seorang arsitek muda yang bekerja untuknya di Philadelphia, dan seorang putra, Nathaniel, lahir pada tahun 1962, dengan yang lain kolaborator, arsitek lanskap Harriet Pattison. Tahun setelah kematian Kahn, Nathaniel membuat film dokumenter, Arsitek saya, tentang ayahnya.

Sama seperti Anne Tyng membuat kontribusi penting untuk bangunan tahun 1950-an Kahn, Pattison muncul minatnya dalam hubungan arsitektur untuk lokasi dan lanskap selama 1960-an. Ini adalah salah satu elemen yang paling ajaib dari Institut Salk, bertengger di atas tebing di atas Samudra Pasifik, dan sama pentingnya untuk 1960-65 Kahn bangunan kampus di Bryn Mawr College, Pennsylvania, 1967-72 Exeter Perpustakaan di New Hampshire dan 1968-74 Yale Pusat Seni Inggris. Berjuang untuk kesempurnaan, pengembangan Kahn selama periode ini memuncak dalam karya lain AS di Art Museum di 1967-72 Kimbell Fort Worth di Texas, yang masih dianggap sebagai suatu lingkungan yang sangat inspiratif dan empati untuk lukisan dan patung.

Kehilangan komisi besar lain di AS, bahkan setelah Kimbell, Kahn menuangkan energi ke dalam proyek-proyek yang paling menuntut, yang 1962-74 India Institute of Management di Ahmedabad dan Kompleks Modal monumental di Dhaka, yang ia mulai pada tahun 1962, tetapi yang diselesaikan setelah kematiannya. Hal itu di Dhaka bahwa Kahn menyadari impiannya membangun sebuah kota masa depan. Proyek ini sangat bermasalah, konstruksi tidak hanya terganggu oleh kerusuhan politik dan, akhirnya sebuah perang kemerdekaan di Bangladesh, namun membingungkan oleh kesulitan logistik bangunan di kota mangsa banjir dan badai. Hasilnya adalah urutan magis bangunan yang muncul mengapung di atas air sekitarnya dalam bata merah cemerlang vernakular dibangun oleh pengrajin lokal. Dalam mangsa kota Muslim untuk kemiskinan menyakitkan dan bencana alam, Louis Kahn mencapai tujuannya menciptakan arsitektur modern monumental, yang sekaligus semangat rohani dan manusiawi.

BIOGRAFI

Louis Isadore Kahn 1901 lahir di pulau Osel (sekarang Saaremaa) dari mantel Estonia untuk Leopold dan Bertha Kahn.

1906 Bertha mengambil Louis, adiknya Sarah dan adik Oscar, untuk bergabung Leopold di Philadelphia, di mana ia beremigrasi mencari kerja pada tahun 1904.

1912 Kahn mulai sekolah tinggi, di mana bakat untuk seni dan musik diakui dan dia menang hadiah dan beasiswa.

1920 Memenangkan beasiswa untuk belajar arsitektur di bawah Paul Cret di School of Fine Arts, Universitas Philadelphia.

1924 Lulusan dari universitas dengan berbagai penghargaan dan bekerja sebagai juru oleh arsitek John Molitor.

1928 embarks pada tur dua tahun di Eropa mengunjungi Inggris, Belanda, Jerman, Skandinavia, Estonia, Latvia, Swiss, Hungaria, Austria, Italia dan Prancis.

1930 Sekembalinya dari Eropa, Kahn menikahi Ester Israel, namun memiliki kesulitan mencari kerja selama depresi ekonomi.

1935 Mendirikan praktek arsitektur independen di Philadelphia, namun perjuangan untuk mencari pekerjaan lain selain sederhana proyek perumahan lokal. Kelahiran putrinya Sue Ann.

1947 Mulai mengajar di Yale.

1950 Memenangkan beasiswa untuk American Academy di Roma dan perjalanan ke Yunani dan Italia di mana ia terinspirasi oleh reruntuhan kuno.

1951 Setelah kembali, Kahn menempatkan ide-ide baru ke dalam praktek dalam desain perpanjangan ke Galeri Seni Yale dan pemandian Trenton.

1954 Kelahiran putri Alexandra Kahn dan arsitek Ann Tyng.

1955 Menjadi profesor arsitektur di University of Pennsylvania, di mana ia mengajar sampai kematiannya pada tahun 1974.

1957 Desain Alfred Newton Richards Penelitian Medis Bangunan di University of Pennsylvania.

1959 Dimulai proyek enam tahun untuk membangun Jonas Salk Institute untuk Studi Biologi di La Jolla, California.

1960 Desain, Dr dan Mrs Norman Fisher House di Hatboro, Pennsylvania dan mulai bekerja di kampus di Bryn Mawr.

1962 Mulai bekerja pada program dua belas tahun untuk membangun Indian Institute of Management di Ahmedabad dan pembangunan Kompleks Modal di Dhaka, Bangladesh, yang akan selesai setelah kematiannya. Kelahiran anak Nathaniel Kahn dan arsitek lansekap Harriet Pattison.

1965 Desain Perpustakaan dan Dining Hall untuk Phillips Exeter Academy di New Hampshire.

Dimulai 1966 bekerja pada desain Kimbell Art Museum di Forth Worth, Texas. Museum of Modern Art, New York mount sebuah pameran retrospektif karya Kahn.

1969 Memenangkan komisi besar kedua di Yale University untuk desain Yale Pusat Seni Inggris.

1974 Meninggal karena serangan jantung di Pennsylvania Station, New York pada kembali dari India

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

desainer arsitektur dan interior

%d bloggers like this: