Frank O. Gehry

Frank O. Gehry adalah principal dari firma arsitektur Frank O. Gehry and Associates yang berlokasi di Los Angeles, California. Desain Frank Gehry, yang mengeksplor berbagai macam kemungkinan gabungan metode konstruksi dan susunan elemen arsitektur, telah dibangun di seluruh penjuru Amerika Serikat. Frank Gehry juga penerima Arnold W. Bnumer Award dari American Institue of Arts and Sciences (1983) dan berbagai penghargaan nasional dan internasional lainnya.

Gehry terlahir sebagai Frank Goldberg di Toronto, Canada, tahun 1929. Semasa kecilnya, Gehry kemudian pindah ke Los Angeles dan menyelesaikan pendidikan arsitekturnya di University of Southern California. Frank Gehry kemudian bekerja di Wdton and Associates (1957-1958) dan Victor Gruen (1958-1961) di Los Angeles. Frank Gehry juga bekerja bagi Andre Remondent di Paris (1961). Pada tahun 1962, Frank Gehry mendirikan firma arsitekturnya sendiri dan terlibat di berbagai project residential (Hillcrest Apartements-1962, Bixby Green-1969), project komersial (Kay Jewelers Stores-1963-1965, Joseph Magnin Stores-1968).
Selama periode tahun 1960an, Frank Gehry mulai mengarahkan desain arsitekturnya dengan menggabungkan arsitektur dan elemen vernakular Jepang, dipengaruhi juga oleh para pelukis dan pematung, melalui metode manipulasi perspektif yang canggih, masa sculpture yang dilipat oleh cahaya, dan bangunan yang mengungkapkan strukturnya sendiri. Strategi desainnya ini, berhasil dicapai pertama kali melalui desain arsitektur untuk Malibu House (1972), yang merupakan rumah tinggal temannya sendiri, seorang pelukis bernama Ron Davis, dan dikembangkan melalui serangkaian project rumah tinggal kecil.

Rumah-rumah ini memungkinkan Gehry untuk menjelajah dan mengeksplorasi proses-proses konstruksi dan penggunaan dari material bahan bangunan yang diproduksi masal dan berharga murah. Dengan mengekspose struktur rangka kayu, menggunakan kayu lapis, pembuatan rantai logam yang berfungsi sebagai screen, dan memecah volume bangunan menjadi bentuk-bentuk geometris yang tidak lengkap, Frank Gehry mengungkapkan hubungan dari struktur fisik dan konteks arsitektural. Pencarian dari bentuk arsitektur baru ini mencapai puncaknya pada project rumah tinggalnya sendiri di Santa Monica (1978), yang merupakan bangunanrumah Cape Cod yang dikelilingi dan dipotong dengan tambahan dinding metal dan kaca. Ruang-ruang baru ditambahkan dengan keberadaan jalinan rantai, kayu, dan kaca. Konstruksi kayu, baik dari bangunan lama maupun bangunan baru, dibiarkan terekspose, dan menjadi bagian dari pondasi dan atap rumah.

Ini merupakan sebagian karya-karyanya :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

desainer arsitektur dan interior

%d bloggers like this: