Frank Lloyd Wright

Frank Lloyd Wright (8 Juni 18679 April 1959) adalah seorang arsitek terkenal dari awal tahun 1900-an.

Frank Lloyd Wright lahir di Richland Center, Wisconsin pada 8 Juni 1867. Orang tuanya, William Cary Wright dan Anna Lloyd-Jones, awalnya bernama Frank Lincoln Wright dia, yang kemudian berubah setelah mereka bercerai. Ketika ia berusia dua belas tahun, keluarga Wright menetap di Madison, Wisconsin di mana ia menghadiri Madison High School. Selama musim panas menghabiskan di peternakan Paman James Lloyd Jones ‘di Spring Green, Wisconsin, Wright pertama mulai mewujudkan impiannya menjadi seorang arsitek. Pada tahun 1885, ia meninggalkan Madison tanpa menyelesaikan sekolah tinggi untuk bekerja untuk Allan Conover, Dekan University of departemen Teknik Wisconsin. Sementara di Universitas, Wright menghabiskan dua semester belajar teknik sipil sebelum pindah ke Chicago pada tahun 1887.

Di Chicago, ia bekerja untuk arsitek Joseph Lyman Silsbee. Wright merancang konstruksi bangunan pertama, kapel keluarga Lloyd-Jones, juga dikenal sebagai Kapel Persatuan. Satu tahun kemudian, ia pergi ke bekerja untuk perusahaan of Adler dan Sullivan, langsung di bawah Louis Sullivan. Wright diadaptasi pepatah Sullivan “bentuk mengikuti fungsi” untuk teorinya sendiri direvisi tentang “Bentuk dan Fungsi Apakah Satu.” Ini adalah keyakinan bahwa Arsitektur Sullivan Amerika harus didasarkan pada fungsi Amerika, tradisi bukan orang Eropa, suatu teori yang kemudian dikembangkan lebih lanjut Wright. Sepanjang hidupnya, Wright mengakui pengaruh sangat sedikit tetapi kredit Sullivan sebagai pengaruh utama pada karirnya. Sementara bekerja untuk Sullivan, Wright bertemu dan jatuh cinta dengan Catherine Tobin. Kedua pindah ke Oak Park, Illinois dan membangun sebuah rumah di mana mereka akhirnya membesarkan anak-anak lima mereka. Pada tahun 1893, Sullivan dan Wright mengakhiri hubungan bisnis mereka. Wright membuka perusahaan sendiri di Chicago, yang ia beroperasi di sana selama lima tahun sebelum mentransfer praktek ke rumahnya di Oak Park.

Rumah awal Wright mengungkapkan bakat unik dalam arsitek, calon muda. Mereka memiliki gaya semua mereka sendiri, meniru yang dari bidang horizontal, dengan tidak ada ruang bawah tanah atau loteng. Dibangun dengan bahan alami dan tidak pernah dicat, Wright dimanfaatkan bernada rendah garis atap dengan dinding overhang dalam dan tanpa gangguan dari jendela untuk menggabungkan rumah horisontal ke dalam lingkungan mereka. Dia menambahkan perapian batu besar atau batu bata di jantung rumah ‘, dan membuat ruang terbuka satu sama lain. Rumah sederhana Nya menjabat sebagai inspirasi ke Sekolah Prairie, sebuah nama yang diberikan kepada sekelompok arsitek yang gaya adalah adat arsitektur midwestern. Kemudian ia menjadi salah satu praktisi utamanya. Beberapa kreasi yang paling penting termasuk Robie House di Chicago, Illinois dan House Martin di Buffalo, New York.

Pada tahun 1909, setelah delapan belas tahun di Oak Park, Wright meninggalkan rumahnya untuk pindah ke Jerman dengan seorang wanita bernama Mamah Borthwick Cheney. Ketika mereka kembali pada tahun 1911, mereka pindah ke Spring Green, Wisconsin di mana ibunya telah memberinya sebagian dari tanah leluhurnya ‘; itu adalah pertanian yang sama di mana ia menghabiskan banyak waktu sebagai seorang anak muda. Pada musim semi ia dibangun Hijau Taliesin. Mereka tinggal di sana sampai 1914 ketika tragedi terjadi. Sebuah hamba gila Cheney dan tragis dibunuh enam orang lainnya, kemudian membakar Taliesin. Banyak orang pikir ini acara yang mengerikan akan menjadi akhir dari karier Wright. Ia membuktikan mereka salah Namun, dengan keputusannya untuk membangun kembali Taliesin.

Selama 20 tahun berikutnya pengaruh Wright terus tumbuh dalam popularitas di Amerika Serikat dan Eropa. Akhirnya gaya bangunan yang inovatif menyebar luar negeri. Pada tahun 1915, Wright ditugaskan untuk merancang Hotel Imperial di Tokyo. Ia selama waktu ini bahwa Wright mulai mengembangkan dan menyempurnakan filosofinya arsitektur dan sosiologis. Karena Wright menyukai lingkungan perkotaan, bangunan itu juga mengembangkan gaya sangat berbeda dari arsitek lain waktu. Dia dimanfaatkan bahan-bahan alami, skylight dan dinding dari jendela untuk merangkul lingkungan alam. Dia membangun gedung pencakar langit yang menyerupai pohon, dengan batang sentral dan banyak cabangnya memproyeksikan luar. Dia menyatakan bahwa bentuk yang ditemukan di lingkungan seharusnya tidak hanya terintegrasi, tetapi harus menjadi dasar arsitektur Amerika. Sebuah contoh yang bagus adalah Perusahaan Larkin Administrasi Gedung di Buffalo, New York (1903), dan Museum Guggenheim di New York City (1943), yang menyerupai struktur shell atau siput.

Pada tahun 1932, Wright membuka Taliesin sebagai persekutuan arsitektur dimana siswa muda dapat membayar untuk bekerja dengan dan belajar dari dia. Tiga puluh magang datang untuk tinggal bersama dia di Taliesin. Melalui Fellowship Taliesin, Wright menciptakan karya-karya seperti Fallingwater (Rumah Kaufmann) di Mill Run, Pennsylvania, dan Johnson SC dan Anak Perusahaan Lilin Administrasi Pusat di Racine, Wisconsin. Selama waktu ini, dia menikah dan terpisah dari Miriam Noel dan bertemu istri ketiganya, Olivanna Milanoff. Kedua hidup bahagia di Taliesin selama lima tahun dan membesarkan anak di sana. Sebagai pasangan yang lebih tua tumbuh, musim dingin Wisconsin menjadi terlalu banyak bagi mereka. Pada tahun 1937, Wright keluarganya pindah dan persekutuan ke Phoenix, Arizona dimana dia membangun Taliesin Barat dan menghabiskan dua puluh tahun terakhir hidupnya.

Pada Taliesin Barat, karena iklim nyaman sepanjang tahun, Wright mampu mengintegrasikan luar dengan ruang dalam ruangan itu. Dia merancang atap miring tinggi, langit-langit tembus, dan besar, pintu terbuka dan jendela yang menciptakan perbedaan halus antara rumah dan lingkungan. Kedua Taliesin dan Taliesin Barat pengalaman hidup terus menerus untuk Wright sebagai mereka terus-menerus tetap berada di bawah konstruksi. Sebagai persahabatan tumbuh dan kebutuhan untuk fasilitas yang lebih besar menjadi perlu, Wright terus membuat penambahan dan perluasan di kedua rumah.

Pada tanggal 9 April 1959 di usia sembilan puluh dua, Wright meninggal di rumahnya di Phoenix, Arizona. Pada saat kematiannya, ia telah menjadi diakui secara internasional untuk gaya bangunan yang inovatif dan desain kontemporer. Dia telah menciptakan 1.141 desain, yang 532 telah diselesaikan. Namanya telah menjadi identik dengan desain besar, tidak hanya karena bentuk desain, tetapi juga karena fungsi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

desainer arsitektur dan interior

%d bloggers like this: