01 masterplan 3d

Masterplan kampus terpadu

Perencannan kampus terpadu menjadi perdebatan dalam tataran sosial bagi mahasiswa di beberapa pengamat pendidikan, prihalnya kampus yang terpadu tidak menciptakan mahasiswa yang peka terhadap lingkungan masyarakat, beberapa tulisan menyatakan bahwa kondisi yang demikian menjadikan mahasiswa menjadi masyarakat elite.

dilain sisi perencanaan kampus terpadu dimaksudkan lebih kepada fasilitas yang di berikan oleh pengelola pendidikan, dimana mahasiswa dapat lebih banyak dipantau dari kondisi lingkungan bagi pertumbuhan dan perkembangan pendidikannya, secara formal maupun informal. kampus terpadu juga dikatakan lebih kepada kemudahan penyediaan fasilitas dukungan untuk sistem supporting, seperti halnya penyediaan wifi dan sarana pendukung lainnya.

memang dalam perencanaan selalu ada dua mata koin yang selalu berseberangan, keputusan design melibatkan banyak elemen yang saling mempengaruhi satu dengan lainnya. pada konteks kita kali ini kondisinya lebih kepada ketersediaan lahan dan rencana kesinambungan dari pihak pengelola pendidikan akan rencana jangka panjang yang akan di siapkan di kemudian hari.

di atas lahan seluas 150 Ha direncanakan suatu kompleks terpadu bagi kampus dan fasilitas pendukung lainnya, diantara fungsi pelengkapnya adalah hunian kost, fungsi komersial, food arcade, apartment, sport centre dan edutainment.

kampus menempati lahan seluas 73 Ha, hunian kost menempati area seluas 16 Ha, apartment dan komersial area menempati area seluas 18 Ha, komersial low rise menempati area seluas 8 Ha, edutainment menempati area seluas 23 Ha, sarana dan prasarana menempati area seluas 12 Ha.

masterplan kampus
masterplan kampus

kampus yang di rencanakan berada di jawa barat, di tepi tol jagorawi. site memiliki frontage 2,1 Km searah jalur tol, dengan 1 pintu utama dan 3 pintu pendukung. perencanaan bangunan di rancang untuk menggunakan 35% kdb bangunan dari 40% yang di izinkan, dengan ketinggian bangunan antara 2-15 lantai. klb yang direncanakan adalah 1.

site dipotong oleh 1 sungai besar dengan pengembangan untuk reservoir air sebagai konservasi air untuk kawasan dan lingkungan. sungai dan reservoir dijadikan sebagai orientasi penanda ruang makro, sebagai area rekreatif dan budidaya perikanan air tawar.

pada area kampus seluas 73 Ha, direncanakan sebagai area terbatas untuk kendaraan bermotor. kami merencanakan kantong parkir sebagai habit dari masyarakat kita yang terbiasa dengan kendaraan bermotor. di dalam kampus direncanakan moda transoirtasi bebas polusi dengan kereta tenaga listrik, sepeda dan kendaraan listrik lainnya.

kampus-01bangunan fakultas memiliki hubungan antara satu dengan lainnya, dengan ruang terbuka di masing-masing fakultas. jalur utama antar fakultas adalah akses linear yang menghubungkan dari pintu masuk utama ke rumah kost yang direncanakan.

ruang terbuka hijau pada jalur utama menggunakan tanaman perredu sehingga secara visual saling terhubung dan memberikan kontrol satu dengan lainnya, sedangkan pada sisi-sisi yang berhubungan dengan jalan utama digunakan tanaman keras sebagai buffer untuk menjaga kondisi yang lebih kondusif untuk udara dan suara.

01 masterplan 3d

bangunan rektorat menempati posisi ditengah kawasan, dengan bentuk lingkaran berorientasi pada ruang pedestrian dan reservoir. bersamaan dengan bangunan rektorat ditempatkan pula lab-lab untuk fasilitas kampus, yang dapat di gunakan internal dan eksternal.

bersebelahan dengan kawasan kampus seluas 72 Ha, terdapat area komersial yang direncanakan lebih vertikal dengan ketinggian bangunan antara 6-15 lantai. fungsi komersial dan hunian ini merupakan supporting untuk kampus diantaranya adalah rumah sakit, sekolah tingkat sd-smp-sma, apartment, komersial kecil dan sedang, perkantoran dan sarana lainnya.

seperti halnya pandangan bisnis terdapat fungsi yang dimaksudkan sebagai subsidi kawasan. area tersebut adalah subsidi silang bagi kepentingan kampus agar secara sosial dapat melakukan supporting kebutuhan kampus.

fasilitas terakhir adalah edutainment, kampus sebagai sarana belajar mengajar, membuka diri bagi lingkungan untuk dapat berbagi akan hal-hal keilmuan yang dapat dimanfaatkan dan di perkenalkan bagi masyarakat sekitar. penemuan ilmu dan teknologi akan di sampaikan pada area edutaiment, kombinasi antara edukasi dan entertainment, yang tujuannya belajar dengan cara yang lebih entertain.

suatu proyek yang kita harapkan dapat di kelola dengan baik agar dapat menjadi hal baru yang baik bagi masyarakat dan pengguna kampus itu sendiri. segala bentuk dari perancangan harus disertai oleh sistem operasi yang baik sehingga suatu fasilitas dapat mendekati ideal, bahkan ideal, namun ini adalah suatu perjalanan yang panjang bagi kami, owner dan pihak-pihak terkait  agar dapat mewujutkannya sesuai dengan harapan.

 

it’s nice to share with you

setyowibowo, urbanmonkees architect

+6287881718668

www.urbanmonkees.com

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s