arsitek minimalis

arsitektur minimalis

pergerakan design minimalis adalah pergerakan design yang paling signifikan pada abad ke 20 dan awal abad 21 ini. latar belakangnya pada tahun 1950 setelah perang dunia ke II terjadi pembangunan besar-besaran di amerika dan eropa. pada saat itu tumbuh berbagai kegiatan ekonomi yang merangsang perluasan pertumbuhan ke arah sub urban. pembangunan super market, rumah-rumah townhouse dan suburban, sekolah, rumah sakit dan sebagainya. yang menjadi pertannyaan kita apa itu arsitektur minimalis?

minimalis dikenal dengan salah satu slogannya ” less is more” atau beberapa orang mengatakan “doing more with less”. arsitektur minimalis menggunakan ruang sebagai tampilan dari ekspresinya. menghilangkan elemen-elemen yang dianggap tidak perlu. kesan bangunan menjadi bersih dan tegas pada permainan bidang-bidang horizontal dan vertikal. memainkan tata cahaya yang berbeda yang bertujuan mempertegas tiap-tiap elemen ruang yang di kreasikan.

mungkin sebagian dari kita tidak paham apa itu minimalis, namun secara tidak sengaja kita sudah hidup pada lingkungan tersebut, pernahkah anda dapatkan dalam suatu ruangan terdapat interior yang sleek, kosong dengan bidang-bidang yang tegas? atau ada menggunakan gadget yang begitu sederhana modelnya, menyembunyikan tombol-tombol yang biasanya terlihat jelas, atau banner dan billboard yang hanya fokus pada satu ide atau gambar saja? minimalis sudah masuk kedalam kehidupan kita karena design minimalis sangat terlihat dalam tampilannya daripada esensi style itu sendiri. design minimalis sangat mudah di cerna karena bahasanya sangat visual.

minimalis de stijl
minimalis de stijl

de stijl atau the the style adalah pergerakan belanda di tahun 1917 sampai 1930-an, suatu pergerakan dalam lukisan, patung, arsitektur dan design. de stijl menekankan pada kesederhanaan bentuk dan abstaksi sederhana pada warna dan garis, tidak terlalu memperlihatkan kontennya hanya bentuk saja. perwujudannya setiap elemen berdiri tanpa bertumpukan, membentuk komposisi.

dalam arsitektur salah satu pencetusnya adalah ludwig mies van der rohe ( http://profil.merdeka.com/mancanegara/l/ludwig-mies-van-der-rohe/ )dia adalah arsitek kebangsaan jerman yang sukses memperkenalkan minimalis dalam bentuk yang lebih real.

minimalis arsitek urbanmonkees
minimalis arsitek urbanmonkees
arsitek minimalis urbanmonkees
arsitek minimalis urbanmonkees

dalam designnya dia menggunakan material industri berupa baja, kaca, beton dan elemen industri lainnya. ia menerapkan sistem struktur yang lebih sederhana dari zamannya dengan bentang

-bentang lebar. ia juga banyak membuat ruang terbuka pada rancangannya. sebagai pioner dari arsitek minimalis, karya-karyanya banyak menjadi rujukan para arsitek di berbagai belahan dunia.

jepang dalam sejarah designnya memiliki pemikiran hanya memasukkan elemen atau bagian yang dibutuhkan saja dan selebihnya di hilangkan. bila anda perhatikan pada design tradisional jepang mereka menggunakan design yang clean, warna yang sederhana dan pattern-pattern berulang.

minimalis arsitek
minimalis arsitek

design jepang terpengaruh oleh zen dan kesederhanaan. secara perkembangannya budaya jepang lebih banyak mempengaruhi arsitektur minimalis yang hingga kita kenal saat ini. salah satu arsitek terkenal asal jepang tadao ando, membuka mata dunia akan sudut pandang orang asia melihat minimalis. karyanya memiliki bahasa bentuk yang lebih sederhana dan metodenya lebih mendekatkan pada penyatuannya dengan alam.

arsitek minimalis
arsitek minimalis
arsitek minimalis
arsitek minimalis

ando sangat dikenal sebagai arsitek yang banyak memanfaatkan unsur cahaya alami dan tekstur pada karya-karyanya. permainan berbagai elemen alam menjadi komposisi hasil akhir karyanya.

 

senangnya berbagi dengan anda….

setyowibowo

+6287881718668

http://www.urbanmonkees.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s