stasiun mix used commuter jakarta

menanggulangi masalah kemacetan, stasiun cawang

jakarta dengan  kemacetan sudah menjadi cerita lama yang sudah bertahun-tahun belum tersolusi dengan baik. memang bukan pekerjaan mudah bagi pemerintah kota jakarta untuk menyelesaikan permasalahan ini, begitu banyak aspek yang mempengaruhinya. kiranya niatan untuk menjadikan kota ini tetap nyaman selalu menjadi wacana para profesional dan pejabat pemeberi keputusan. hanya saja pada pelaksanaanya terbentur berbagai faktor. seperti ide rekan-rekan kita untuk memperbaiki jakarta di tulis pada web ini http://www.variant-info.com/component/content/article/46-artikel/91-mengurai-kemacetan-di-jakarta-a-solusinya.html . pemerintah kota sedang meningkatkan penggunaan transportasi publik untuk mengurangi kemacetan yang terjadi http://news.liputan6.com/read/646034/solusi-ahok-atasi-macet-jakarta , memang transportasi publik yang direncanakan kedepan sangatlah menjanjikan bagi penanggulangan kemacetan atau setidaknya mengurangi yang terjadi saat ini http://jakarta.kompasiana.com/transportasi/2014/12/01/macet-dan-solusinya-707482.html .

kami sebagai tenaga profesional memiliki pemikiran lain dalam sudut pandanga arsitektur, memang masih sangat mikro tetapi bila dapat di terapkan di setiap titik-titip publik tentunya akan turut membantu kota agar semakin berkurang tingkat kemacetan yang ada.

titik-titik pada fasilitas transportasi publik, apakah stasiun, terminal bis dan lapangan udara, memiliki potensi sebagai kemacetan, sekaligus potensi sebagai penanggulangannya. melalui satu pemikiran, kami mengambil suatu contoh kasus yang dekat dengan lingkungan sendiri. yaitu stasiun kereta api cawang. stasiun kereta api cawang memiliki layanan dari dalam ke luar kota jakarta dan sebaliknya. pengguna kereta api jabodetabek sampai dengan oktober 2014 adalah 19 ribu orang, menurut BPS http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&daftar=1&id_subyek=17&notab=16 . dengan pengguna sebanyak ini dan peningkataannya dari tahun ke tahun ada baiknya kita memikirkan sistem untuk mengurangi sejumlah tersebut turun ke jalan, yaitu dengan membangun mix use pada stasiun-stasiun yang ada di jakarta.

stasiun mix used commuter jakarta
stasiun mix used commuter jakarta

 

stasiun mix used commuter jakarta
stasiun mix used commuter jakarta

dengan membangun fasilitas mix used berupa perkantoran, pertokoan dan sarana penunjang lainnya, kota dapat mengurangi jumlah penduduk commuter yang tumpah ke jalan dan merupakan salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan di jakarta. kelebihan lainnya adalah pemerintah memiliki investasi bisnis berupa bangunan yang dapat di sewakan kepada masyarakat. kita dapat bayangkan, apabila di setiap stasiun terdapat fasilitas yang demikian, berapa besar perputaran ekonomi yang di dapatkan oleh pemerintah dan kita ketahui bahwa stasiun-stasiun tersebut terdapat pada lokasi-lokasi strategis di ibukota.

stasiun mix used commuter jakarta
stasiun mix used commuter jakarta
stasiun mix used commuter jakarta
stasiun mix used commuter jakarta

kelak kita tidak lagi melihat stasiun sebagai tempat yang tidak nyaman bagi lingkungan, kita akan melihat bagaimana kota saling memberikan link untuk tiap-tiap lini agar menjadi kota yang sehat dan ideal bagi tempat tinggal jutaan penduduk.

 

it’s nice share with you

setyowibowo

+6287881718668

http://www.urbanmonkees.com/

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s