penghematlistrik

Rumah Hemat Listik

Rumah hemat listrik merupakan salah satu cara untuk menciptakan dunia menjadi lebih baik, lebih sehat dan lebih hijau, karena pemakaian listrik dengan skala yang sangat besar dapat menyebabkan kerusakan pada bumi. Pemanasan global yaitu bumi menjadi lebih panas dari sebelumnya yang di karenakan zat-zat yang di hasilkan oleh barang –barang yang biasa digunakan oleh manusia tanpa disadari ataupun disadarinya, itu merupakan dampak yang sedang di rasakan oleh semua umat manusia di dunia saat ini.

Untuk awalannya kita mulai dari hal yang terkecil yakni dari rumah kita masing-masing degan cara mengurangi pemakaian perabotan yang tidak terlalu penting, ini akan mengurangi konsumsi listrik rumah anda serta perabotan anda menjadi awet.

1. Lampu

Gunakanlah lampu hemat energy atau fluorescent selain lebih hemat listrik lampu ini jauh lebih terang dan juga tahan lama di bandingkan dengan lampu pijar. Untuk harga awalnya memang mahal tapi untuk ke langsungannya lampu ini jauh lebih baik.

2. AC /pendingin udara

Sekarang ini sudah banyak AC dengan daya yang kecil karena permintaan konsumen, bukan berarti kita dapat menggunakannya setiap saat. Untuk itu gunakanlah pada saat di malam hari saja dan hanya untuk beristirahat.

3. Kulkas

Cermat dalam pemakaiannya dengan memasukan barang sesuai dengan kapasitasnya karena jika tidak sesuai ini akan membuat kulkas tersebut bekerja sangat kerasa dan berarti membutukan daya yang sangat besar juga.

Dalam pemilihan kulkas ada baiknya menggunakan yang berpintu dua karena sudah ada penzoningannya dengan begitu akan terhidar dari buka –tutup pintu yang tidak seharusnya , ini juga dapat menyebabkan udara di dalamnya tidak stabil dan menambah kinerja kulkas.

4. Dispenser

Tempat air minum yang dapat mengubah air biasa menjadi panas, dingin dan juga bisa di ubah menjadi es batu, akan tetapi daya yang di gunakan sangatlah besar. Jika dirumah anda sudah terdapat kulkas akan jauh lebih baik menggunakan dispenser yang pilihannya hanya air panas dan air biasa. Mau yang dingin-dingin tinggal mengambil dari kulkas dan mau yang panas tinggal mengambil dari dispenser ini yang dinamakan dengan bijaksana dalam pemilihan perabotan rumah tangga.

5. Setrika

Sekarang sudah banyak beredar setrika dengan harga yang terjangkau, untuk memilihnya cari yang ada pengatur panasnya dan yang otomatis mati jika panasnya sudah melewati ketetapan yang di inginkan. Ini akan menghemat listrik dan lebih aman dalam penggunaannya sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak berkenan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s