01

Masjid Banyumas

Klien kami dari Banyumas ingin membuat masjid di lingkungannya dari tanah wakaf salah satu warganya. Masjid dengan kapasitas 400 orang ini direncanakan dapat menjadi pusat kegiatan dakwah di daerahnya, sehingga masjid ini dibuat terbuka untuk siapa saja yang datang tetapi tetap menghormati privasi jamaah yang sedang beibadah.

Sebuah masjid adalah tempat umat Islam melakukan ritual keagamaan. Maka konsep masjid ini berusaha mengarah kepada kaidah-kaidah dari aktifitas di dalamnya.

Bentuk arsitektur masjid lebih ke arah modern karena bangunan masjid dan modernitas mempunyai kesamaan konsep sederhana, tidak berlebihan, tetapi tetap tidak menghilangkan kemonumentalitasannya.

Dalam melaksanakan shalat berjamaah sebaik-baiknya shaf adalah shaf pertama, sehingga bentuk denah kami buat berbentuk trapesium dengan sisi yang panjang di bagian depan agar jamaah masjid mendapat kesempatan lebih untuk berada pada shaf pertama.

Adab dalam masjid juga sebaiknya jamaah pria dan wanita terpisah, bagi yang bukan muhrimnya,  maka mulai dari akses masuk hingga di dalam masjid jamaah pria dan wanita tidak kami gabungkan.

Cross ventilation pada masjid ini kami maksimalkan dengan bukaan penuh di sebelah kiri-kanan ruang shalat dan bagian atapnya juga kami buka dengan penghawaan alami. Untuk mihrabnya kami buatkan kaca besar dan hadapkan ke arah taman di baliknya, agar menambah kemonumentalitasan alami ruang masjid.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s