facade lebakbulus

Rumah Lebak Bulus

area lahan berada di jakarta selatan, di sekitar daerah lebak bulus, direncanakan akan dibangun sebuah rumah dengan bentuk tanah yang berkontur pada lahannya. jalan depan kavling menanjak sehingga mempengaruhi dalam menentukan entrance rumah.

kami mempersiapkan kebutuhan owner dengan adanya satu garasi mobil dan kapasitas dua mobil untuk carport. karena bentuk tanah berkontur maka akan terdapat area cut and fill. area yang di cut akan menjadi semi basement, yang di fungsikan sebagai area service. lantai dasar direncanakan untuk dijadikan area publik dan lanati dua menjadi area private dengan konfigurasi susunan fungsi kamar.

pada lantai service terdapat satu kamar service, gudang, dapur dan area jemur. dapur di posisikan dekat dengan tangga ke lantai dasar untuk memudahkan akses ke pantry untuk service pengguna. menjadi pilihan bagi owner adalah area taman belakang. area taman belakang dapat dinaikkan ke lantai dasar sehingga lantai dasar memiliki akses langsung untuk ke taman, namun akan terdapat penambahan cost dikarenakan perlu adanya dinding penahan tanah, atau pemilik rumah dapat pula menjadikannya kolam renang. bila di fungsikan sebagai kolam renang akan memudahkan dalam pembuatannya karena tidak perlu ada penggalian lahan, akses kolam langsung dari lantai dasar.

di lantai dasar ini merupakan area utama rumah. akses dapat langsung melalui carport dengan tangga ” U shape”. di level lantai dasar area menuju pintu masuk terdapat ruang tamu semi outdoor. ruang tamu di kelilingi oleh kolam ikan di sekitarnya, tujuannya untuk mengkondisikan suasana agar lebih sejuk.

lantai dasar merupakan area terbuka yang dapat dijadikan sebagai hall. kebiasaan dari sebagian masyarakat kita sering mengadakan silaturahmi di rumah sehingga kebutuhan untuk ruang multifungsi di butuhkan bagi sebagian orang. entrance dari pintu utama akan bertemu dengan area pantry, penempatan pantry di sini di maksudkan sebagai core dari ruang multi fungsi tersebut. posisi ini akan melayani pengguna di area lainnya.  bila lahan belakang akan di jadikan kolam renang maka posisi ini akan menguntungkan karena aksesnya dapat langsung. dilantai dasar terdapat ruang keluarga, ruang makan, pantry, balkon belakang dan area penerima semi outdoor depan.

di lantai dua terdapat dua kamar tidur dengan satu master bed room. ruang transisi berada diantaranya dengan orientasi ke muka rumah. master bedroom memiliki toilet dalam dan balkon private. setiap jendela kamar memiliki akses cahaya yang baik sehingga tidak di perlukan penerangan di siang hari, begitu pula dengan ruang-ruang lainnya yang berada di lantai dasar dan semi basement.

ekspresi denah akan memberikan karakter pada facade bangunan. kami mencoba memposisikan tangga sebagai transisi pada bidang yang berbeda. permainan tekstur bangunan akan memecah facade yang terlalu lurus pada denah. tanaman tidak banyak pada muka bangunan dikarenakan ownernya berharap rumah ini dapat mencuri perhatian dari jalan depan.

setyowibowo

+6287881718668

http://www.urbanmonkees.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s