Jatinegara 02

Rumah Hoek Jatinegara Indah

sebidang tanah di posisi hoek direncanakan untuk dibangun sebuah rumah yang memiliki orientasi ke dua arah. pemilik rumah menginginkan adanya taman yang cukup luas, tetapi muka rumah tetap terlihat lebar, namun tidak mengundang perhatian berlebihan. ia menginginkan pula posisi rumah berada lebih tinggi di atas jalan. dengan kebutuhan ini kami merancang rumah dengan organisasi ruang linear. entrance utama berada di sudut hoek, posisi ini baik dari dalam rumah untuk mendapatkan pandangan yang lapang ke lingkungan huniannya.

sebagaian massa bangunan di jadikan dua lantai untuk area anak-anak. pemilik rumah berharap anak-anaknya memiliki ruang privasi yang tidak terganggu dari kegiatan orangtuanya, karena akan sering ada kegiatan kekeluargaan di area bawah. area bawah pusatnya adalah ruang tamu. dari ruang tamu terdapat akses ke depan rumah dan ke taman belakang. taman belakang di maksudkan dapat di jadikan area tambahan bila sedang ada kegiatan kekeluargaan berlangsung.

pada facade rumah terdapat penskalaan komposisi pada massa yang berada di sudut hoek. penskalaan tersebut dimaksudkan agar area sudut memiliki proporsi dengan massa bangunan yang dua lantai. kami gunakan atap jurai simetris untuk mencapai skalanya. rumah ini kami kategorikan sebagai rumah tropis dengan sentuhan moderen sebagai touchup-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s