Rest Area

akan direncanakan rest area baru di jalur lintas sumatra. lahan seluas 5 Ha memiliki fungsi yang diantaranya adalah pom bensin, kantin, area bermain anak, mini market, dan masjid. jalur lintas propinsi yang memiliki intensitas kendaraan cukup ramai adalah potensi untuk dibukanya rest area. namun bagi kami, rest area seperti apa yang kiranya cocok ditempatkan pada eksisting seperti tersebut. jalur lintas ini pada siang hari suasananya sangat terik panas matahari, karena terlintasi oleh jalur equator.

tantangan pertama bagi kami adalah menjadikan tempat ini sejuk dari cuaca yang ada, kemudian mengatasi akses masuk yang pada umumnya kendaraan memiliki kecepatan tinggi. rest area ini berbeda dari yang ada di jalan tol, karena fasilitas ini dapat di akses dari dua arah. kemudian tantangan kami adalah membentuk suasana yang memberikan inspiratif.

proses desain kami lakukan dengan menetapkan zona area yang akan di gunakan untuk masing-masing fungsi, kemudian kami hubungkan dengan akses jalan dan pedestiran. kami mengharapkan ada interaksi antara pengguna dan fasilitas berupa aktifitas dan pengalaman ruang baru.

area entrance kami miringkan 45 drajat dari jalan agar akses masuk lebih cepat, sehingga kendaraan yang akan masuk segera aman berada di dalam fasilitas. fungsi yang terekspose dari jalan adalah masjid, diposisikan secara hoek dari kavling yang tersedia. area komersial kami polakan dengan random grid berbentuk jajaran genjang.

masjid yang menjadi ikon lingkungan dikondisikan dapat dipandang dari berbagai arah namun dalam mengaksesnya melalui sequence yang menghantar orang untuk melalui pedestrian, diperlakukan demikian agar terbentuk ruang yang kondusif disekitar lingkungan masjid.

area pom bensin berada di arah keluar fasilitas, tujuannya agar mengundang setiap penggunjung untuk mengisi bensin dan memisahkan area aman untuk aktifitas dan area safety bila terjadi kecelakaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s